Skip to main content

Program Edukasi Orang Tua Sehat (PESAT) di Bandung

Dear Smart Parents,

Dengan misi mencerdaskan konsumen kesehatan Indonesia agar dapat mempersembahkan kehidupan yang lebih baik untuk anak-anak, Yayasan Orangtua Peduli (YOP), mengadakan seminar setengah hari Program Edukasi Kesehatan Anak untuk Orangtua (PESAT) di BANDUNG.

Dalam seminar yg dibimbing oleh dr. Purnamawati, SpAK, MMPed dan didukung oleh WHO, kita diajak untuk mulai mengenal pengetahuan yang menyeluruh tentang kesehatan anak, sebagai bekal orang tua untuk mampu berpikir dan bertindaksecara rasional dalam melihat masalah kesehatan buah hati tercinta kita.

Rangkaian seminar ini akan berlangsung dari bulan November 2007 sampai dengan bulan Desember 2007.

Topik - topik yang telah dipersiapkan adalah :

Sesi I - 17 November 2007

*Topik 1 : Seputar Demam *

Tuhan menciptakan mekanisme demam, pasti ada maksudnya. Tahukah kita? Kapan saat yang tepat untuk memberikan obat penurun demam? Apa dan bagaimana yang dimaksud dengan kejang demam ? Dalam sesi ini, demam akan dikupas habis sampai ke akar-akarnya termasuk apa itu Demam Berdarah Dengue. Apa yang dimaksud dengan Demam Berdarah Dengue? Apa beda demam biasa dengan demam pada Demam Berdarah Dengue? Kapan anak Demam Berdarah Dengue perlu dibawa ke dokter ? Agar tak selalu bingung dan panik ketika anak demam, ikuti penjelasan tentang demam berikut tata laksana penanganannya.

*Topik 2 : Penyakit Langganan Pada Anak*

Diare, muntah, infeksi telinga, dan common colds (batuk dan pilek) adalah beberapa penyakit yang sering diderita anak-anak. Kebanyakan penyakit langganan anak-anak disebabkan oleh infeksi virus. Does my child really need drug? Sudah tahukah kita tata laksana yang tepat untuk itu? Diskusikan di sini

*Topik 3 : Kondisi Kegawatdaruratan pada Anak*

"Tolong, anak saya jatuh, apa yang harus saya lakukan?? "Bagaimana nih, anak saya tanpa sengaja terkena air panas!", Bagaimana cara penanganan yang tepat, temukan informasinya pada sesi ini.

Sesi II - 18 November 2007S

*Topik 1 : Seputar Kehamilan danKelahiran*

Saat dokter menyatakan positif hamil, berjuta rasa dirasakan calon orangtua. Sudahkah kita tahu apa yang perlu disiapkan untuk menghadapi masa hamil? Bagaimana menyiasati masa “morning sickness”? Bagaimana tanda-tanda kelahiran ? Kapan kelahiran harus dibantu dengan operasi caesar? Bagaimana tanda kegawatdaruratan pada proses kelahiran ? Diskusikan disini.

*Topik 2 : Tata Laksana Bayi Baru Lahir & Kuning pada Bayi Baru Lahir*

Tes apa saja yang dilakukan oleh dokter pada bayi newborn? Perlukah bayi yang baru saja lahir dimandikan? Bagaimana tata laksana earlylatch-on? dll. Diskusi ini akan menambah pengetahuan Anda tentang serba serbi bayi baru lahir.


*Topik 3 : ASI*

ASI adalah makanan terbaik bagi bayi. Mengapa ASI eksklusif 6 bulan? Apa saja kiat untuk sukses ASI eksklusif? ASI eksklusif dan ibu bekerja. Mungkinkah? Apa saja problema seputar ASI dan menyusui? Anda akan menemukan jawabannya dalam diskusi seru di sesi khusus ini.

Sesi III - 15 Desember 2007

*Topik 1 : Imunisasi dan Penyakit yang dapat Dicegahnya*
Apa itu imunisasi?, Apakah perlu imunisasi?, Apakah imunisasi memberikan proteksi terhadap berbagai infeksi?, Apa itu imunisasi simultan, cacthup?? Adakah bahaya dan efek samping imunisasi? Apakah bahaya tersebut lebih besar dari kegunaannya? Tuntaskan keingintahuan Anda dengan menyimak dan berdiskusi pada sesi ini.

*Topik 2 : Peran dan Resistensi Antibiotika*

Antibiotik adalah obat yang istimewa, mereka membantu tubuh kita melawan infeksi bakteri. Pemakaian antibiotik yang tepat, dapat menyelamatkan jiwa saat kita terancam infeksi bakteri yang serius.Ingus anak sudah berwarna hijau. Apakah itu pertanda ia perlu diberi antibiotik? "Kalau diresepkan antibiotik, harus dihabiskan....". Benarkah Temukan penjelasan tentang antibiotika, saat tepat untuk mengkonsumsi dan tata laksana konsumsi antibiotika, dalam sesi khusus tentang antibiotik ini.

*Topik 3 : Feeding (Pemberian Makanan)*

Kapan waktu yang tepat anak kita mengenal makanan selain ASI?, Bagaimana MPASI?, Bagaimana sih cara yang paling baik untuk memperkenalkan makanan padat pada anak? Bingung, anak GTM (Gerakan Tutup Mulut)?, Pusing karena anak sedikit atau susah sekali minum susu?, Seperti apa konsep pemberian makan yang baik pada anak? Bagaimana menerjemahkan piramida makanan dalam pola makan anak sehari-hari? Temukan kiatnya dalam sesi ini

Sesi IV - 16 Desember 2007

*Topik 1 : Menilai Tumbuh Kembang Anak*

Banyak anggapan yang beredar di masyarakat kita bahwa anak kecil yang gemuk pasti sehat & lucu. Dilain pihak anak yang kurus adalah anak yang kurang gizi & penyakitan. Bahkan tidak sedikit para ibu yang memiliki anak dengan berat badan langsing dianggap sebagai ibu yang tidak becus dalam merawat anak. Betulkah hal ini ? Apa yang dimaksud dengan "constitutional growth delay" dan"variation in the normal pattern of growth"? Temukan fakta & realitasnya secara jelas. Ikuti juga pembahasan tentang growth chart & Body Mass Index, fungsi & cara membacanya.

*Topik 2 : TBC Pada Anak*

Flek di paru-paru = TBC, benarkah demikian? Tahukah kita bahwa menegakkan diagnosa TBC pada anak itu sangat sulit? Diagnosa TB yang berlebihan berkonsekuensi anak harus rutin minum obat anti TBC yang akan berefek pada hatinya. Temukan penjelasan yang sebenarnya tentang TBC pada anak di sesi ini.


*Topik 3 :Penggunaan Obat yang Rasional*

Kenapa harus menggunakkan obat secara rasional? Bukankah dokter telah meresepkan yang terbaik untuk pasiennya? Apakah semua gejala penyakit membutuhkan obat (a pill for an ill)? Bagaimana dengan risk and benefit obat? Diskusikan semua pertanyaan yang mengganjal tentang ini di kesempatan ini.


LOKASI SEMINAR

Jurusan Teknik Informatika - UNIKOM
Gedung 5 - Jl. Dipatiukur 112-114 Bandung


MEKANISME PENDAFTARAN DAN PEMBAYARAN PESAT BANDUNG

PENDAFTARAN CALON PESERTA Via Email atau Fax. Calon peserta dapat mengirimkan email ke mailto:pesatbandung@yahoo.co.id dengan subject : Daftar Pesat atau Fax : 022-7801201 (U.P : Dinny), yang berisi biodata diri dengan format sebagai berikut :

Data Peserta
1. Nama:
2. Suami / Istri (untuk Peserta Pasutri) : ........
3. Status: Single/Married
4. Alamat:
5. Nomor telepon/HP yg mudah dihubungi:
6. Email yg aktif di gunakan:
7. Jumlah Anak :
Nama Anak / Tanggal Lahir (Usia):
(1) ............ ..
(2) ............ ..


Perhatian:
Bagi calon peserta yg memiliki kemudahan akses internet, diharapkan dengan sangat untuk mendaftar melalui email.

WAKTU PENGIRIMAN EMAIL/FAX

Pendaftaran dibuka pada tanggal 20 September 2007 – 20 Oktober 2007 dan/atau jumlah kuota terpenuhi.


PERSYARATAN & TATA TERTIB

Peserta diwajibkan mengikuti ketentuan yang diberlakukan demi kelancaran program edukasi ini yaitu :

1. Mengikuti seluruh acara paket (kecuali emergency)

2. Datang 30 menit sebelum acara dimulai untuk pendaftaran ulang dan mengikuti kuis.

3. Tidak membawa anak-anak pada acara ini.

4. Waktu pendaftaran ulang (dilokasi seminar), diwajibkan :

¨ Membawa bukti transfer pembayaran asli.

¨ Membawa fotokopi buku kesehatan anak

¨ Membawa copy resep dokter anak (bila ada)

¨ 2 point diatas (point 2 & 3) tidak wajib bagi yg single.

5. Apabila peserta mengundurkan diri setelah Pesat dimulai dan/atau ditengah-tengah Pesat, tidak ada pengembalian biaya.

6. Apabila tidak hadir 2 kali berturut-turut otomatis di eliminasi dan tidak ada pengembalian biaya.

BIAYA

Biaya untuk seluruh paket : Rp. 200.000,- (dua ratus ribu rupiah) per orang atau Rp. 350.000,- (tiga ratus lima puluh ribu rupiah) untuk pasangan suami istri. Biaya tersebut akan digunakan sebagai pengganti penggandaan makalah, seminar kita dan snack untuk 4 kali pertemuan.


MEKANISME PEMBAYARAN BIAYA & WAKTU TRANSFER

Transfer ke Rekening BCA KCP Ujung Berung A/N : Dinny Kus Andiany ST A/C # 283 04021211

1. Setelah melakukan transfer, calon peserta dimohon untuk konfirmasi (ke salah satu) :

§ email : <mailto:pesatbandung@yahoo.co.id> dengan subject : Konfirmasi Pembayaran atau

§ Kirim bukti transfer ke Fax : (022)7801201

2. Isi Konfirmasi yang dikirim ( via email atau fax):

§ Nama Pengirim : (bila bukan menggunakan rekening sendiri)

§ Tanggal Transfer :

§ No Rekening :

§ Jumlah (RP) :

§ Transfer Via Bank/Nama Bank :

§ Nama Peserta Seminar :

3. Pengiriman biaya dapat dilakukan pada tanggal 20 September 2007 – 20 Oktober 2007.

4. Dimohon dengan sangat untuk memperhatikan dan mengikuti batasan-batasan waktu pendaftaran dan pembayaran.


PERTANYAAN & CONTACT PERSON

o Apabila ada pertanyaan mengenai teknis dan informasi lebih lanjut, dapat menghubungi panitia di Email: pesatbandung@yahoo.co.id

o Contact person :

1. Linda Salma : 022 9189 5110

2. Dinny : 022 9119 3969

3. Sahesty : 0812 244 5150

4. Maya Rosmayawati : 0815 606 3010

5. Marina Noer : 0811 214 179



Salam SEHAT,

Panitia PESAT BANDUNG

Popular posts from this blog

Yok Belajar Membaca Resep Dokter

From Dr Najwa (dr,Ian ) for milis sehat kireihanashah@gmail.com Nah... saya akan coba kasih yang sederhana dulu ya...R/ dibaca resipe.... artinya ambilah tab dibaca tablet... artinya tablet cap dibaca capsul... artinya capsul fl dibaca flesh... artinya botol pulv dibaca pulveres... artinya puyer NO dibaca nomero.... artinya sejumlah s dibaca signa... artinya gunakan dd dibaca (lupa)... artinya dalam satuhari (n) kali dtd dibaca da tales doses... artinya sesuai dengnan dosis tersebut sebanyak PRN dibaca pro renata ... artinya digunakan bila diperlukan ue dibaca usus externus... artinya digunakan sebagai obat luar gtt dibaca gutata... artinya tetes cth dibaca (lupa)... artinya sendok teh C dibaca (lupa)... artinya sendok makan Corig dibaca (lupa)... artinya sendok takar yang tersedia dari obat tersebut pc dibaca post cunam... artinya sesudah makan ac dibaca ante cunam... artinya sebelum makan imm dibaca in manu medici... artinya ditangan dokter msf dibaca (lupa)... artinya campurlah menj